Selasa, 08 Juli 2008

Programmer Mikrokontroller AT89Cx051 dgn Mikrokontroller AT89S51


>> Persentase Wa Kerjain
* Elektronika 100 %
* Software 100 %



>> Bla-bla :
Awalnya wa pengen tau logika n caranya buat programmer mikrokontroller AT89Cx051 n juga mo make mikrokontroller tipe ini karena kecil. Trus iseng-iseng bisa dikit, eh telat KP. Akhirnya iseng-iseng ini, wa jadiin judul "Memprogram mikrokontroller AT89Cx051 menggunakan mikrokontroller AT89S51" untuk KP wa di lab, n d stujui. Selama dua bulan ++ d lab akhirnya alat ini jadi juga. Metode komunikasi data komputer dgn mikrokontroller master AT89S51 menggunakan port serial atau USB (konverter USB to Serial) trus memprogram AT89Cx051 menggunakan mode paralel. mau juga si waktu itu pake metodenya ISP tapi kepepet waktunya.
Program interface serialnya wa pake DELPHI versi 7 menggunakan komponen serial yang dibuat Dejan Crnila (thank's jan). Oia setelah berhasil buat alat ni wa harap tar bisa d jadiin barang komersilan, ternyata ud keluar juga AT89Sx051 yg bisa ISP. Aaaaaaaaaaaaaa.......... Atmel kurang adjeeeaaaarrr... Ups Muup (Nyebut-nyebut).

>> Cara Kerja :
Sama seperti downloader yg lain, buat program assembler, compile menjadi file *.hex dengan program lain trus dgn program yg wa buat file *.hex nya masukin ke chip mikrokontrollernya. File *.hex di load menggunakan program DOWN X051.exe (bingung mo namain apa) trus di program de.
Selain memprogram chip atau mendownload chip alat ini juga dapat melakukan UPLOAD dari mikro Slave ke komputer yaitu membaca data program yg terdapat pada mikrokontroller AT89Cx051 (mbajak maksudnya). Jadi klo ad sistem dengan mikrokontroller AT89CX051 atau sekeluarganya trus lupa di LOCK BIT, he...he..he... maap-maap aj klo tar ada copyannya.









>> Spek Alat :
* Dimensi 20 x 10 x 3
* Mikrokontroller AT89S51
* Power Supply 5 Vdc + 12 Vdc
* IC serial Ic MAX232
* Programming COM atau USB
* Komunikasi dgn Handshake, error data 0 %
* User Friendly interface program

>> Software
* PCB Eagle CAD
* AEC_ISP
* ASM51
* NotePad
* DELPHI 7
* Komponen Dejan Crnila

>> Catatan :
* Awalnya wa rancang memprogram dgn timer pada DELPHI nya, pdahal timer minimal 1 ms, trus di tambah Handshaking setiap komunikasi data atau setiap pemberian Command dari komputer ke mikro n dari mikro ke komputer yang akibatnya semakin panjang file *.HEX yang akan di program semakin lama waktunya. Waktu itu wa mikir yg penting cepat selesai KP-nya.
Setelah timer wa ganti dgn command REPEAT .... UNTIL n sistem handshakingnya wa ubah trus beberapa perubahan, waktunya bisa berkurang hampir setengah dari program sebelumnya.
* Klo chip d LOCK BIT sewaktu di upload seluruh yg kebaca FF semua.
* Menghapus chip membuat seluruh memori program chip bernilai FF semua bukan 00.
* Memprogram Chip AT89Cx051 secara paralel dgn tegangan 12 Vdc.