Selasa, 08 Juli 2008

Kendali Lampu AC dgn timer RTC



>> Persentase Wa Kerjain
* Elektronika 100 %
* Mekanik 15%
* Software 100 %


>> Bla-bla :
Alat ini berfungsi untuk mematikan n menyalakan lampu AC berdasarkan timer atau waktu RTC yang pada aplikasinya bisa buanyaaak banget. Misalnya Mematikan n menyalakan Lampu taman (sama aj ya), AC suatu kantor, Eskalator pada Mall (kasian Satpamnya bolak-balik matiin Eskalator), n sistem-sistem lainnya yg menyala atau mati dengan waktu yang tetap pada periode tertentu. Bahkan untuk aplikasi yg banyak n Buaaanyaaaak satu sistem ini bisa mematikan n menyalakan perangkat AC minimal 12 buah ( 1 Mikrokontroller AT89S51 total I/O 32, 8 keypad, 8 LCD, 4 RTC + EEPROM, sisa 12 kan ), kalo di tambah mikro lain trus komunikasi antar mikro secara serial ato dgn multiplekser, beee..h sak kampung d kontrol semua.

>> Cara Kerja :
Terdapat 4 buah lampu AC yang ingin dikendalikan menggunakan timer RTC, jadi mematikan n menyalakan lampu bisa berdasarkan Tanggal, Bulan, Tahun (kelamaan), Jam, Menit, Jam-an, Menit-an, Hari-an, n Bulan-an. Input di masukkan dengan keypad matrix 4 x 4 dan di tampilkan pada LCD karakter 16 x 2. RTC memiliki baterai back up dan setiap data yg dimasukkan akan di simpan pada serial EEPROM, jadi waktu terus berjalan meskipun supply mati n data tetap tersimpan.

Misalkan lampu A di set menyala jam 4 sore trus mati jam 6 sore, eh PLN ngambek trus jam 2 Siang ampe jam 5 Sore lampu mati trus nyalanya baru jam 5 sore. Maka sistem akan mengecek waktu sekarang dan membandingkan dgn waktu yg di setting dan akan menyalakan lampu A sesuai jadwal tetapi dari jam 5 sampai jam 6.

>> Spek Alat :
* Dimensi 45 x 25 x 15
* Mikrokontroller AT89S51
* Power Supply 5 Vdc + 12 Vdc
* Timer dgn Serial RTC DS1302
* Memori eks Serial EEPROM AT93C66
* Display LCD karakter 16 x 2
* Input Keypad Matrix flat 4 x 4
* Switching lampu AC dgn relay
* Terdapat Manual Off pd tiap Lampu

>> Software
* PCB Eagle CAD
* AEC_ISP
* ASM51
* NotePad

>> Catatan :
* Sistem tidak menggunakan umpan balik jadi klo lampunya udah nyala g tau bener-bener udah nyala atau belum, tetapi pada tombol manual Off nya terdapat lampu indikator (itu lo lampu yg ada d switch kabel roler) kalo lampu indikatornya ON berarti lampu yg d kontrol juga ON.