Selasa, 08 Juli 2008

Kendali Lampu AC dgn Port Paralel Komputer



>> Persentase Wa Kerjain
* Elektronika 100 %
* Software 50 %
* Casing Acrilick 10 %







>> Bla-bla :
Mengendalikan perangkat elektronika dengan komputer trus make port paralel (LPT) ato dgn PPI 8255 port ISA pada komputer udah banyak beredar caranya di buku-buku. Alat yg wa buat ini juga sama, mengendalikan 8 buah lampu AC menggunakan port paralel / LPT. Port Paralel terdiri dari 8 buah Data berfungsi sebagai I/O, 5 buah Status port sebagai input, dan 4 buah Control sebagai I/O. 8 data wa jadiin output, 4 Status n 4 Control wa jadiin input. Alat ini dikendalikan melalui komputer dgn tampilan berupa 8 buah lampu yg jika di klik lampunya dari kondisi OFF ke ON menyebabkan lampu AC-nya ON dan sebaliknya jika dari kondisi ON di klik menjadi kondisi OFF. Aplikasi alat ini waktu itu untuk ruangan atau dalam suatu gedung trus di monitor dari komputer oleh operator jadi harus ada umpan baliknya dari alat tersebut. Misal si operator meng-ON-kan lampu 1,4,6, n 7 dan meng-OFF-kan lampu 2,3,5, n 8 eh ternyata lampu 6 putus, rusak, ato di colong sehingga pada komputer yg terlihat menyala hanya lampu 1,4,7 saja sedangkan lampu lain terlihat mati. Jadi si operator tau klo lampu 6 itu rusak trus di cek secara manual kesana. Tapi aplikasi yg cocok mungkin pengaturan lampu lalu lintas jarak jauh kali ya, kayak di tipi-tipi.
Wa buat program monitornya dgn DELPHI 7 menggunakan komponen HWInterface.ocx trus wa coba hingga sesuai logikanya tapi program yg di minta menggunakan Visual Basic. jd yg ngerjain teman wa.

>> Cara Kerja :
Mengghubungkan rangkaian switching SSR dengan sumber AC 220 Volt kemudian mengaktifkan komputer dan menjalakan program.
Saat lampu di klik dari OFF ke ON tampilan pada komputer tidak lgs berubah tapi akan mengaktifkan rangkaian switching terlebih dahulu dan meng-ON-kan lampu tersebut, jika lampu ON dan umpan balik di terima oleh komputer barulah tampilannya berubah dari lampu OFF menjadi lampu ON. Sedangkan jika tidak ada umpan balik dari lampu tersebut maka tidak terjadi perubahan tampilan pada komputer.


>> Spek Alat :
* Dimensi 30 x 25 x 5
* Komunikasi Paralel (LPT) dgn komputer
* Tidak memerlukan Power Supply eksternal
* Switching Lampu AC dgn SSR (Solid State Relay)
* KOmputer dan Rangkaian terisolasi secara optik

>> Software
* PCB Eagle CAD
* AEC_ISP
* ASM51
* NotePad
* Visual Basic
* Delphi 7

>> Catatan :
* Software 50 % karena awalnya bukan wa yg ngerjain, si pemesan yg buat rangkaiannya sendiri trus dia pesen program interface d komputernya dgn Visual Basic ama orang lain (Temen Wa juga). Ud d coba brapa kali g bisa dia trus akhirnya minta tolong ama wa, makanya wa yg buat alatnya trus programnya orang lain.
* Dari pengalaman wa mengerjakan beberapa alat menggunakan port paralel (LPT), tiap komputer memiliki karakteristik tertentu pada port paralelnya tapi sama-sama g stabil yaitu kadang berubah logika dengan sendirinya. Alat yg ini aja sebelum di sidang TA harus di uji terus menerus hingga stabil krn ketika baru dinyalain n terhubung dengan komputer, saat di beri logika 1 (Lampu AC nyala) sekitar 2-4 menit lampunya tiba-tiba mati sendiri.
* Wa buat rangkaiannya 2 kali yang pertama menggunakan Optoisolator dan SCR tapi kok rusaknya ganti-gantian sampe rusak lebih dari 4, trus wa ganti dengan IC SSR mantabbb....
* Umpan balik menggunakan optoisolator juga dgn mengkonversi 220 Vac menjadi 5 Vdc jadi kondisi alat AC ON ato OFF bisa di monitor secara lgs n pasti.